RISTIANTI

Selamat Datang di Blog RISTIANTI. Bergerak, Tergerak, Menggerakkan. Tetap Belajar Walau Sudah Mengajar
SELAMAT DATANG DI BLOG RISTIANTI

Jumat, 26 Mei 2023

Wisata Digital Guru Kota Singkawang


 


Dalam upaya peningkatan mutu pendidikan, Ikatan Guru Indonesia Kota Singkawang melakukan kegiatan Wisata Digital Guru yang berkerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Singkawang, sebagaimana kegiatan tersebut mulai dilaksanakan pada tanggal 20 Mei 2023 dengan berjumlah 100 peserta Guru yang berada di Kota Singkawang. Kegiatan ini akan berlanjut pada setiap sabtu di minggu berikutnya hingga mencapai 3 kali pertemuan, dan sampai semua guru mendapatkan sertifkat sebagai penunjang menambah ilmu pengetahuan seorang Guru. Pada pertemuan minggu pertama ini guru diberikan materi tentang era perkembangan kemajuan teknologi di bidang pendidikan dari revolusi industri 1.0 sampai saat ini 5.0. Revolusi ini mengalami peningkatan laju pertumbuhan. Dimulai pertama revolusi1.0 perubahan terjadi besar besaran dibidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi dan teknologi. Pada saat itu pekerjaan masih banyak mengandalkan tangan manusia dan hewan meskipun banyak mengalamin kendala dan keterbatasan. Setelah adanya revolusi 1.0 semua berubah ketika ditemukannya sebuah alat penenun benang mekanik oleh James Watt. 

Materi selanjutnya yang disampaikan oleh nara sumber yaitu tentang jurnalistik, pengertian jurnalistik, dan 6 jenis jenis berita. Apa itu Jurnalistik, Jurnalistik adalah menyangkut kewartawan dan pemberitaan menyusun, mencari, menulis, menyunting dan menerbitkan atau mempublikasikan berita dimedia massa baik media online, cetak maupun elektronik. Terdapat 6 jenis jurnalistik yaitu ;
1. Berita Langsung
2. Berita Opini
3. Berita Interpretatif
4. Berita Mendalam
5. Berita Penjelasan
6. Berita Penyelidikan
Unsur unsur teks berita yang dikenal dengan 5W+1H, meliputi: What, Where, When, Who, Why, How.

Setelah mengenal arti jurnalistik, jenis jurnalistik para Guru diberikan bimbingan dalam pembuatan akun blogger, disini narasumber menyampaikan runtutan cara membuat akun . Materi selanjutnya adalah pembuatan game pembelajaran, kenapa ada game pembelajaran sepertinya game ini merupakan daya tarik minat serta motivasi semangat siswa dalam pembelajaran, siswa bermain dalam game tersebut untuk menjawab pertanyaan pertanyaan yang sudah dibuat dalam bentuk game, ternyata game tersebut memiliki berbagai jenis sungguh ini merupakan ilmu pengetahuan baru bagi kami sebagai Guru dalam meningkatkan mutu atau motivasi belajar siswa. Begitu ilmu yang kami dapatkan sebagai peserta Workshop Wisata DEigital Guru, apa yang sudah diberikan oleh nara sumber sangat berguna bagi kami Guru di Kota Singkawang. Semoga mutu pendidikan di Kota Singkawang semakin meningkat.


0 komentar:

Posting Komentar